Sabtu, 01 Juni 2013

Penyakit Menular Seks

Penyakit menular seksual atau yang sering disingkat dengan PMS merupakan penyakit yang terjangkit melalui hubungan seks. Beberapa mengatakannya adalah penyakit kelamin. Selain lewat hubungan, pertukaran cairan dapat menyebabkan penyakit berbahaya ini.
Penyakit menular seksual dapat terkena dengan penggunaan jarum suntik melalui ibu ke anak terutama saat persalinan. Mudah terkena jika berganti pasangan. Dengan perilaku seks yang aman dapat menurunkan resiko penyakit kelamin terjangkit pada anda. Ada beberapa jenis Penyakit menular seksual yang umum.

1.    Klamidia
Klamidia adalah bakteri bulat, biasanya penderita tidak memiliki gejala walau sudah terinfeksi. Jika sudah berkembang akan menyerang dan menjadi radang panggul. Biasanya akan diikuti dengan cairan atau rasa gatal dari penis/vagina. Penyakit ini dapat diobati dengan cara antibiotik.

2.    Gonore (GO)
PMS jenis ini juga disebabkan bakteri yang dapat juga mengenai tenggorokan atau rectum namun semua tergantung prilaku seks yang digunakan. Gejala dan cara pengobatannya sama seperti Klamidia.

3.    Herpes genitalis
Virus herpes simpleks (HSV) Tipe II merupakan penyebab penyakit ini. Biasanya terdapat di bagian kelamin atau sekitarnya. Tidak mempunyai obat khusus dalam pengobatan penyakit ini. Semua tergantung dengan pertahanan tubuh yang kuat atau lemah.

4.    HIV/AIDS
Penyakit ini paling berbahaya dari semua penyakit kelamin. HIV (human immunodeficiency virus) merupakan penyebab penyakit ini. Penularannya melalui kontak bagian tubuh dan mengenai air mani, darah. Penyembuhannya masih cukup langka dan belum mempunyai obat yang khusus. Namun dengan pemeriksaan dini dapat menekan laju virus.

5.    Kutil kelamin
Penyakit ini terjadi karena virus papiloma manusia (HPV). Kutil dapat mengenai penis atau vulva. Dapat diobati dengan cara bedah atau obat khusus. Beberapa suntikan kanker serviks juga dapat mengobati penyakit ini.

6.    Sifilis (raja singa)
Bakteri Treponema pallidum menyerang melalui aliran darah mengakibatkan ruam kulit, rambut rontok, demam, dan cepat lemah. Pengobatannya melalui antibiotik.

7.    Hepatitis
Penyakit ini biasanya terbagi atas 3 yaitu, B, C, E namun yang paling sering muncul adalah B dan D. Virus penyebabnya dapat melemahkan liver dan mengakibatkan sirosis. Walau tidak ada obat khusus, namun dengan vaksin hepatitis B dapat mencegah virus lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar